welcome

Senin, 07 Mei 2012

Cara Merawat Laptop | tips Notebook lengkap

Notebook Kesayangan anda harus di jaga, sehingga umur dari Notebook anda akan panjang, dan saya disini memberikan beberapa tips merawat notebook atau biasa dikenal dengan laptop, tips - tips ini sangat berguna bagi ada pemilik laptop.

 - LCD

Bahan LCD biasanya mengandung lapisan micro fiber yang lembut dan lapisan kaca, debu dan bekas tangan biasanya nempel disitu, bersihkan layer dalam keadaan Mati atau tidak terkoneksi dgn listrik supaya layar LCD itu tidak mengandung aliran listrik, Cara membersihakannya, disapu lembut dengan menggunakan tisu/kain halus dikombinasikan dgn air atau cleaning liquid (biasanya dijual dgn kain khususnya).


- KYBOARD

Kyboard sering kotor, biasanya di dalam cleaning kit biasanya sudah dilengkapi dengan kuas untuk membersihkan keyboard. Bersihkan disetiap sela-sela keyboard, anda juga bisa pakai sikat gigi yang ujungnya halus. Atau bisa menggunakan kuas cat. Tapi jangan di poles pake cat ya heheee..



                                          - ADAPTOR

                                         Adaptor ini biasanya terbuat dari lempeng tembaga, arus listrik yang mengalir dari ujung kabel adaptop biasanya menghasilkan panas yang menyebabkan kabel disepanjang adaptop itu memuai, Jika kita melilit kabel tersebut terlalu keras nanti menyebabkan serat kabel dibagian dalam putus. Jadi usahakan tidak dililit pada adaptor, tetapi diluar adaptor sehingga kabel itu tidak “tertarik”. Dan juga usahakan pakai charger yang kompatibel dgn notebook tersebut jangan yang bajakan ya..nanti kalo konslet malah semuanya rusak, dan seandainya adaptor rusak lebih baik beli baru yang asli jangan di service, itu sangat rawan untuk leptop anda..


- BATERAI

Notebook biasanya menggunakan baterai jenis Lithium, sama seperti baterai HP, usahakan jangan discharge jika posisi notebook dalam keadaan hidup. Jika charge baterai dalam keadaan hidup, biasanya menyebabkan panas yang berlebih (overheating) pada baterai tersebut, sehingga menyebabkan korosi. Jadi ketahanan baterai tersebut setiap hari persentasenya semakin berkurang. Dan juga usahakan pakai baterai yang kompatibel dgn notebook tersebut. Untuk memperpanjang umurnya, usahakan discharge dalam keadaan mati. Kalau waktunya tidak ada, colokkan saja powernya sampai indikator baterai sdh hampir penuh, cabut lg baterainya. Dan hindari dari tempat terbuka yang panas, tempat parkis yg panas, basah / apalagi kena air. Jika ketahanan baterainya sudah tidak maksimal lagi, charger bisa dilakukan sambil notebook nyala, kalau indikator baterai menandakan sudah hampir penuh, cabut saja colokan chargernya.dan kalo di pakai dirumah atau di kantor lebih baik di cabut saja batrainya langsung pakai carjer saja.


- Hardisk

 Data adalah segalanya dari notebook ini, hindari penggunaan laptop pada tempat-tempat yang mudah bergerak, seperti dimobil bergerak, tempat tidur, sofa dll. Karena getaran tersbut menyebabkan Head hardisk yang terbuat dari besi dapat merusak lempengan hardisk. Kalau sudah begitu hardisk jadi Bad Sector dan paling parah Rusak total. Dan usahakan pemakaian notebook tidak lebih dari 8 jam /hari.

 - CASING (body notebook)

Casing hal yang paling susah untuk dijaga dari goresan, dan ada juga yang sudah antigores, biar tidak lecet/tergores bisa diminimalisir dengan cara memberikan pelapis plastic. Biasanya jadi jelek kelihatannya, tapi ada kok sekarang yang menjual lapisan plastic dengan gambar-gambar wallpaper yang indah. Dan casing biasanya dibersihkan dengan cairan liquid, banyak kok dijual di toko-toko computer

 Perawatan dan pemeliharaan notebook harus menjadi perhatian utama pengguna, khususnya jika notebook atau laptop itu sering dibawa kemana-mana. Bagaimana agar notebook Anda memilikikinerjanya tetap optimal dan selalu tampak mengkilat? Tulisan ini mengulas berbagai tips sederhana dalam merawat dan menghindarkan laptop Anda dari kerusakan dini. Ini akan berguna dalam menambah umur laptop Anda.

 1. Tidak sembarangan mendownload software gratis dari internet. Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software- software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

 2. Jangan letakkan laptop di lantai. Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

 3. Gunakan stabilizer Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.

4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop. Seringkali seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?

 5. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk. Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.

 6. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas. Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.

 7. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop. Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.

 8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri. Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda. I

tulah diantaranya tips merawat notebook mudah-mudahan tips merawat notebook ini bermampaat bagi saya dan anda semua.di ambil dari beberapa sumber .

 wasalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar